5/16/2013

Ciri - Ciri makhluk Hidup


CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

1.   BERGERAK
Semua makhluk hidup dapat bergerak. Gerak pada manusia dan hewan tampak jelas dan dapat berpindah tempat. Gerak pada tumbuhan sangat lambat dan tidak menunjukkan adanya perpindahan tempat.

2.  MAKAN
Semua makhluk hidup memerlukan makanan. Untuk memperoleh makanan manusia dan hewan memerlukan makhluk hidup lain, sedangkan tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri.

3.  BERNAPAS
Proses menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida dan uap air disebut bernapas. Oksigen yang dihirup digunakan untuk proses pembakaran zat makanan. Proses pembakaran ini disebut oksidasi. Proses Oksidasi menghasilkan energi yang digunakan untuk melakukan kegiatan. Manusia, mamalia, atau hewan lainnya bernapas menggunakan paru-paru. Burung pada paru-parunya terdapat kantong udara yang digunakan untuk menyimpan udara cadangan yang diambil ketika burung mengepakkan sayapnya. Hewan yang hidup di air umumnya bernapas menggunakan insang, kecuali hewan mamalia air yang bernapas menggunakan paru-paru. Tumbuhan mengambil oksigen melalui lubang-lubang kecil pada daun yang disebut stomata dan bernapas melalui lentisel yang terdapat pada batang

4.  MENANGGAPI RANGSANGAN (IRITABILITAS)
Semua makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi di sekelilingnya. Indra adalah alat tubuh yang peka terhadap suat rangsangan. Manusia dan hewan dilengkapi dengan indra sedangkan tumbuhan tidak. Meskipun tumbuhan tidak memiliki indra, tumbuhan juga peka terhadap rangsangan yang berupa cahaya, air, gaya tarik bumi, dan sentuhan. Jadi, semua makhluk hidup peka terhadap rangsangan.

5.      TUMBUH
Jika kamu menanam biji tanaman, biji itu akan berkecambah dan tumbuh menjadi besar dan rimbun. Pertumbuhan pada ayam dimulai dari telur ayam yang menetas menjadi anak ayam, lalu tumbuh menjadi ayam dewasa. Manusia pun juga begitu, Manusia dilahirkan sebagai bayi. Kemudian, bayi tumbuh sebagai anak-anak, remaja, dan akhirnya dewasa. Jadi semua makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi dewasa.

6.      EKSKRESI (MENGELUARKAN ZAT SISA)
Sesudah berolahraga tubuhmu banyak mengeluarkan keringat. Pada saat udara dingin, biasanya kamu lebih sering buang air kecil (urin). Keringat dan urin adalah contoh zat sisa dari proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Zat sisa ini harus dibuang atau dikeluarkan dari dalam tubuh. Proses pengeluaran zat sisa pada makhluk hidup disebut ekskresi. Pengeluaran zat sisa pada tumbuhan biji terjadi melalui stomata pada daun dan lentisel pada batang.
Jadi, semua makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa.

7.    BERKEMBANG BIAK
Setiap makhluk hidup berusaha menghasilkan keturunan atau berkembang biak untuk mempertahankan spesiesnya agar tidak punah. Tiap spesies memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda, namun secara umum dibedakan menjadi secara seksual (kawin) dan aseksual (tidak kawin).

1 komentar: